Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara pembelajaran teknik lemparan windmill jumping dan pembelajaran teknik lemparan windmill terhadap hasil belajar keterampilan pitching untuk mahasiswa yang memiliki kemampuan motorik yang berbeda.
Penelitian menyimpulkan bahwa : Pertama, secara keseluruhan tidak terdapat perbedaan hasil belajar keterampilan pitching antara yang menggunakan pembelajaran teknik lemparan windmill jumping dengan yang menggunakan pembelajaran teknik lemparan windmill. Kedua, pengaruh interaksi antara pembelajaran teknik lemparan dengan kemampuan motorik terhadap hasil belajar keterampilan pitching. Ketiga, bagi mahasiswa yang memiliki tingkat kemampuan motorik tinggi, kelompok yang diajar dengan pembelajaran teknik lemparan windmill jumping lebih baik dari pada kelompok yang diajar dengan pembelajaran teknik lemparan windmill. Keempat, bagi mahasiswa yang memiliki tingkat kemampuan motorik rendah, kelompok yang diajar dengan pembelajaran teknik lemparan windmill lebih baik dari pada kelompok yang diajar dengan pembelajaran teknik lemparan windmill jumping.