Studi menyelidiki efek dari menetapkan tujuan membaca di retensi kosakata pembaca EFL. Tujuannya adalah untuk mengetahui jenis tujuan dapat lebih berpengaruh terhadap retensi kosa kata. Populasi meliputi 120 siswa, 16 sampai 18 tahun, dan semua perempuan di SMP (Iran). Dari mereka 60 siswa homogen dipilih melalui memberikan satu Nelson Uji Kemahiran (2001). Mereka dibagi menjadi empat kelompok dari 15 siswa, tiga kelompok dengan tujuan membaca yang berbeda dan kelompok kontrol.Setelah pengobatan, tes posting kosakata diberikan untuk semua kelompok setelah dua minggu. Kemudian ANOVA digunakan untuk menganalisis hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kelompok dengan tujuan yang berbeda dan kelompok kontrol.Penemuan menyarankan bahwa menetapkan tujuan membaca memiliki efek positif pada retensi kosakata pengajaran dan kelompok kesenangan dan efek negatif pada pengambilan kelompok uji.